Minggu, 13 November 2016

SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS



SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUKAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KURIPAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A. PENDAHULUAN

Pendidikan sangat penting bagi manusia karena dengan pendidikan manusia memperoleh pengetahuan serta dapat mengembangkan kemampuan, sikap dan tingkah laku. Salah satu pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh manusia adalah pendidikan Matematika. Tanpa bantuan Matematika kiranya tak mungkin dicapai kemajuan yang begitu pesatnya baik dalam bidang obat-obatan, ilmu pengetahuan alam, teknologi, komputer dan sebagainya.
Berdasarkan pengalaman, perkalian termasuk topik yang sulit dipahami  siswa.  Ini  dapat  dilihat  dari  hasil  ulangan  harian  tentang  operasi hitung pecahan menunjukkan bahwa dari 31 siswa kelas VI SD Negeri 2 Kuripan yang mendapatkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 hanya 12 siswa, sedangkan 19 siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan  dalam  menyampaikan konsep perkalian menggunakan cara konvensional yaitu dengan memaksa anak untuk menghafal serta mencongak. Dengan penyampaian seperti itu tentu saja selain mematikan kreativitas anak juga menghilangkan unsur belajar bermakna. Menyampaikan materi dalam Matematika memang sebaiknya berangkat dari hal-hal yang konkret menuju hal-hal yang abstrak.
Di  kelas  VI,  para  siswa  dituntut  untuk  segera  menghafal perkalian dan pembagian,  karena  jika  tidak  segera  hafal,  siswa  akan  merasa kesulitan jika telah menginjak materi Matematika di kelas berikutnya. Operasi hitung pecahan   mungkin memang susah, tapi setidaknya seorang guru bahkan orang tua dapat membuatnya menjadi lebih menyenangkan. Salah satu hal yang bisa membuat anak-anak senang dengan Matematika adalah kebebasan mereka bereksperimen dengan Matematika tersebut. Tentu saja untuk bisa  bereksperimen  anak-anak  harus  kaya  akan  teknik.  Dengan  demikian  anak  akan mudah  memahami  dan  selanjutnya  hafal  dengan  sendirinya  tanpa  ada  paksaan  dan tekanan dari orang tua dan guru.
Saat ini telah berkembang macam-macam metode untuk berhitung. Salah satu metode yang telah berkembang untuk pembelajaran Matematika khususnya dalam operasi hitung pecahan adalah pengajaran teknik discovery berbantukan lembar kerja siswa. Metode Discovery merupakan komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Menurut Encyclopedia of Educational Research, penemuan merupakan suatu strategi yang unik dapat diberi bentuk oleh guru dalam berbagai cara, termasuk mengajarkan ketrampilan menyelidiki dan memecahkan masalah sebagai alat bagi siswa untuk mencapai tujuan pendidikannya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode discovery adalah suatu metode dimana dalam proses belajar mengajar guru memperkenankan siswa-siswanya menemukan sendiri informasi yang secara tradisional biasa diberitahukan atau diceramahkan saja.

B. TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan operasi hitung pecahan Melalui discovery Pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah: untuk menyampaikan hasil Penelitian Tindakan Kelas bahwa untuk dengan discovery dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung pecahan siswa kelas VI SD Negeri 2 Kuripan tahun pelajaran 2015/2016.

C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN SEMINAR
Kegiatan Seminar Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan operasi hitung pecahan Melalui metode discovery berbantukan lembar kerja siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016 di laksanakan di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Purwodadi pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2016

D. MATERI SEMINAR
Rincian dari struktur program Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016 seperti tertulis  berikut.
No.
Materi
Alokasi Waktu
1
BAB I PENDAHULUAN
15
menit
2
BAB II LANDASAN TEORI
30
menit
3
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
15
menit
4
BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
20
menit
5
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
10
menit
6
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN PENDUKUNG
10
menit
7
TANYA JAWAB
20
menit
Jumlah
2
Jam

E. NARASUMBER/ FASILITATOR
Narasumber Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016  yaitu MOH JUMADI, S.Pd

F. STRATEGI / METODE KEGIATAN
Strategi Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016  adalah menggunakan proses pembelajaran dengan metode Ceramah, Diskusi, Discovery, dan Tanya Jawab.


G. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil/ manfaat yang diperoleh dalam mengikuti Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016  adalah dapat:
1.    Meningkatkan kompetensi keprofesionalan dengan merancang proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif
2.    Menerapkan metode discovery berbantukan lembar kerja siswa pada pembelajaran yang dilaksanakan.
H. TINDAK LANJUT
Tindak lanjut yang dilakukaan setelah mengikuti Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016  adalah melaksanakan proses pembelajaran Matematika khususnya operasi hitung pecahan dapat menggunakan metode discovery berbantukan lembar kerja siswa di unit kerja masing-masing, melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kelompok kerja guru (KKG), kepala sekolah satu Daerah Binaan (DABIN) serta melalui forum Kegiatan Kelompok Kepala Sekolah (KKKS).
I. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI SEMINAR
Setelah saya mengikuti Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016, saya dapat meningkatkan kompetensi keprofesionalan dengan merancang proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan pembelajaran akan menjadi lebih kondusif dan bermakna. Hal ini membuat siswa tidak mudah bosan dan tetap termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan penguasaan pada materi pelajaran. Selain itu, dapat   mengupayakan   tindak  lanjut   terhadap   penerapan   metode discovery berbantukan lembar kerja siswa pada pembelajaran yang dilaksanakan. Hal ini diperlukan kerjasama atau kolaborasi antar guru yang saling mendukung dan melengkapi.
J. KESIMPULAN
Seminar Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Penerapan Metode Discovery Berbantukan Lembar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas VI SD Negeri  2 Kuripan Tahun Pelajaran 2015/2016  sangat membantu saya memperoleh referensi teknik pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Saya berharap agar kegiatan semacam ini juga segera dilaksanakan untuk seluruh Guru, Kepala Sekolah secara berkala sehingga dapat melakukan inovasi dan meningkatkan kompetensi guna mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

K. MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN PELATIHAN
Nama Seminar
Tempat Kegiatan
Fasilitator / Narasumber
Materi Diklat/Kompetensi
Nama Penyelenggara
Peran Guru / Kepala Sekolah
Jumlah Jam
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PENERAPAN METODE DISCOVERY BERBANTUKAN LEMBAR KERJA SISWA PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
UPTD Pendidikan Kecamatan Purwodadi
Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah
MOH JUMADI, S.Pd


BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN
UPTD Pendidikan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah
Peserta
2 jam




Purwodadi, 13 Mei 2016


Penyusun,





MOH JUMADI, S.Pd
NIP 19650331 199302 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar